Skip to content
Tags

Bintang Terdekat Jadi Calon Baik Bagi Planet Mirip Bumi

October 9, 2014

Paris (AFP/ANTARA) – Tau Ceti, salah satu bintang terdekat kita, merupakan calon yang baik untuk menyediakan planet seperti Bumi, kata laporan para astronom .

Terletak relatif dekat 12 tahun cahaya jauhnya, bintang mirip Matahari itu memiliki lima planet yang mengorbitkannya di sebuah zona hangat yang berpotensi memiliki kehidupan, kata mereka.

Salah satu planetnya memiliki massa sekitar lima kali lipat dari Bumi, sehingga membuatnya menjadi planet terkecil yang ditemukan di zona penting sejauh ini, kata mereka.

Sekitar 800 planet-planet luar – dunia yang mengorbitkan bintang selain milik kita – telah terlihat sejak 1995.

Namun tidak ada satu pun dari planet tersebut dapat ditinggali. Planet-planet tersebut hanya merupakan gas raksasa yang tidak layak huni atau dunia batu besar yang berada begitu dekat dengan bintang mereka sehingga planet-planet tersebut secara harfiah terpanggang.

Tujuan terbesar adalah untuk menemukan sebuah planet berbatu yang tidak hanya mendekati massa Bumi tetapi juga berlokasi di tempat yang disebut “zona Goldilocks.”

Planet tersebut jarak harus dengan bintangnya sehingga suhu tidak terlalu panas atau terlalu dingin, dan cocok untuk mempertahankan air berbentuk cair, yang sangat penting bagi kehidupan, seperti yang kita ketahui.

Temuan Tau Ceti dibuat oleh para astronom dari Australia, Inggris, Chile dan Amerika Serikat, yang menerapkan teknik baru untuk menyaring data dari lebih dari 6.000 pengamatan. (kn/ik)

From → Bintang

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: