Skip to content

Galaksi Whirlpool Meledak

July 11, 2011

Sebuah supernova baru tampak di langit malam dan mengejutkan para pengamat. Kejutan yang menyenangkan bagi para astronom dan astronom amatir. Untuk kedua kalinya, sebuah bintang meledak di Galaksi Whirlpool (Messier 51 / M51) dalam 6 tahun terakhir. Dan berita baiknya para pengamat bisa menikmatinya dari halaman rumah anda dengan teleskop menengah maupun yang besar

Petunjuk Supernova

Galaksi Whirlpool atau M51. Kredit : Jim Misti

Petunjuk pertama akan erupsi yang tampak di galaksi Whirlpool dimulai pada tanggal 31 Mei saat astronom amatir dari Prancis Amédée Riou mengenali hilangnya bintang dengan magnitudo 14 dalam citra CCD yang diambilnya dari galaksi tersebut. Riou kemudian melakukan pengambilan citra yang sama keesokan hari.

Di tempat yang berbeda, pada tanggal 1 Juni, Thomas Griga juga berhasil mengidentifikasi kejadian yang sama dari Schwerte, Jerman.  Malam berikutnya, kehilangan itu diketahui jawabannya oleh Tom Reiland dari Glenshaw, Pennsylvania dan pengamat dari Prancis Stéphane Lamotte Bailey yang berhasil mengenali keberadaan sinar terang pada citra dijital yang ia ambil dengan teleskop 8 inchi. Sejak saat itu, si obyek terang ini sudah diamati juga oleh Palomar Transient Factory dan para pemburu supernova di Galaxy Zoo.

Apa yang dilihat dan diabadikan oleh Stéphane Lamotte Bailey dalam citra dijitalnya ternyata supernova baru yang kemudian dinamai SN 2011 dh dan berada di galaksi Whirlpool. Bintang yang meledak tersebut memang tidak tampak dalam citra galaksi Whirlpool yang diambil beberapa malam sebelumnya dan membuat para pengamat kehilangan bintang asalnya di galaksi tersebut.

Galaksi Whirlpool
Supernova yang berada di Galaksi Whirlpool memang menarik perhatian para astronom amatir karena galaksi yang juga dikenal sebagai M51 itu masuk dalam daftar obyek “yang harus dilihat”. hal ini tak lain karena Whirlpool merupakan salah satu galaksi spiral yang berada dekat Bima Sakti pada jarak 23 juta tahun cahaya. Sekitar 10 kali lebih jauh dari Galaksi Andromeda. M51 ini jadi favorit karena ia cukup terang untuk dilihat dengan binokular dan teleskop dengan diameter 6 inchi.

Galaksi Whirlpool atau Messier 51 atau M51 berada obyek urutan ke-51 dalam katalog deep sky object yang dibuat Charles Messier pada abad ke-18. Galaksi ini berada tak jauh dari Rasi Ursa Mayor atau Beruang Besar pada saat dilihat oleh Stéphane Lamotte Bailey di pagi hari saat ia menemukan SN 2011 dh. Galaksi Whirlpool juga merupakan galaksi yang terlukis indah di langit serta yang pertama dikenali struktur spiralnya. Lord Rose (a.k.a William Parsons) yang membuat sketsa indah M51 pada tahun 1845 dengan menggunakan teleskop reflektor 72 inchi.

Supernova Tipe II ?

Animasi pengamatan Stéphane Lamotte Bailey yang menemukan supernova SN 2011 dh. Kredit : Stéphane Lamotte Bailey

Masih terlalu awal untuk menyatakan bahwa supernova yang tampak tersebut sedang dalam proses semakin terang atau akan meredup. Yang pasti ia tidak tampak dalam citra yang diambil Riou tanggal 10 Mei. Juga tidak tapak obyek yang lebih terang dari magnitud 19,5 pada citra yang diambil oleh teleskop 10 inchi dari University of Ljubljana di Slovenia tanggal 30 Mei. Weidong Li dari University of California, Barkeley, mengidentifikasi bintang pendahulu atau bintang yang jadi cikal bakal SN 2011 dh dalam citra Hubble Heritage yang diambil bulan April 2005. Akan tetapi Weidong belum menentukan berapa kecerlangan si bintang.

Meskipun demikian, para astronom tampakya cukup yakin untuk menyatakan bahwa supernova yang dilihat adalah Supernova Tipe II yang merupakan ledakan dari bintang tunggal dengan massa setidaknya 8 massa Matahari saat bintang tersebut kehabisan bahan bakar nuklir di intinya.  Tanpa adanya dorongan keluar dri panas yang ada di inti untuk mengatasi tekanan gravitasi, bintang pun runtuh dan menciptakan gelombang kejut yang kemudian meledak dalam ledakan dasyat. Energi yang besar pun dilepaskan menyebabkan si bintang mengalami peningkatan kecerlangan jutaan kali dalam sekejap.

Spektrum tanggal 2 Juni yang diambil teleskop Keck I saat mengikuti gerak M51 yang menjauh dari kita pada kecepatan 600 km/detik, bagian dari ledakan itu tampaknya bergerak pada mengarah ke Bumi pada kecepatan yang tinggi.  Gelombang kejut tersebut mengandung materi yang bergerak pada berbagai kecepatan yang berbeda. Dan hidrogen yang dilihat pengamat bergerak menuju pengamat pada kecepatan 17600 km/detik.

Hal menarik lainnya, supernova yang juga tampak 6 tahun lalu terjadi di salah satu lengan Whirlpool dan juga merupakan Supernova Tipe II. Supernova ketiga yang juga sangat cerlang terjadi tahun 1994 dan menjadikannya 3 supernova baru dalam 17 tahun.

Bintang leluhur dari SN 2011 dh memang terlalu redup untuk bisa dilihat melalui teleskop, namun kembang api di angkasa ini sayang untuk dilewatkan. Para pengamatat yang menggunakan teleskop 8 inchi atau lebih dapat menikmati kembang api tersebut pada kecerlangan 14 magnitud dan ia masih akan tampak dalam beberapa minggu ke depan.

From → Galaksi

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: